Jangan Salah Pilih Kabel ! Jenis Kabel CCTV Yang Harus Kamu Ketahui

kabel cctv

Jenis Kabel CCTV

Kabel CCTV Yang Harus Kamu KetahuiKeseluruhan komponen kamera CCTV mempunyai peran yang penting dan tidak bisa digantikan satu sama lain. Nah salah satu komponen vitalnya yaitu kabel CCTV. Kabel CCTV ini bisa dikelompokan menjadi 3 jenis dan disetiap kabel pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan sampai keliru, Memilih kabel CCTV disini harus benar karena bisa berpengaruh kepada kualitas video dan audio yang direkam nanti.

Oleh sebab itu, kali ini samsungcctvindonesia akan membagikan sekilas tentang Jenis Kabel CCTV Yang Harus Kamu Ketahui. Terus simak agar Kamu tidak salah dakam menentukan pilihan.

Jenis Kabel CCTV

  1. Kabel CCTV 3 Jalur

Kabel CCTV ini sesuai dengan namanya 3 jalur yaitu jalur video, audio dan adaptor. Disebut kebel 3 jalur karena mempunyai jalur yang berbeda dengan pembedaan warna yaiyu kuning, merah dan putih. Kabel CCTV ini biasanya sudah terpasang dengan konektornya. Ukuran kabel ini biasanya dijual dalam bentuk meteran, ada yang 10meter, 15meter, 20meter dan 30meter. Jika Kamu membutuhkan kabel lebih dari ukuran 30meter, lebih jangan memakai kabel 3 jalur ini. Kabel ini mempunyai ukuran yang kecil dan akan mengurangi kualitasdari video dan audio. Kabel ini mermasuk lebih terjangkau dibandingkan kabel CCTV yang lainnya.

  1. Kabel Coaxial

Kabel coaxial hanya mempunyai satu jalur saja yaitu video. Kabel coaxial sangat cocok digunakan untuk jarak jauh. Kabel ini khusus untuk video saja dan untuk kabel powernya Kamu dapat menambahnya sendiri. Untuk bagian kabel power itu Kamu dapat menggunakan stop kontak atau bisa menarik kabel sendiri dari pusat listrik. Untuk kabel coaxial biasnya dijual per roll itu 300meter. Untuk pemasangan CCTV biasanya menggunakan kabel coaxial tipe RG59 dan RG6. Nah untuk kualitasnya ini berbeda-beda untuk setiap mereknya.

  1. Kabel Coaxial + Power

Dilihat secara fisik, kabel coaxial+power ini memang hamper sama dengan kabel coaxial biasa. Bedanya hanya terletak gandengan kabel yang mempunyai 2 jalur pada bagian power adaptor. Menggunakan kabel ini cukup mudah, karena hanya dengan menarik satu kabel untuk satu kamera.

Sudah tau klasifikasinya kan? Dengan begini Kamu sekarang bisa dengan mudah memilih kebel mana yang cocok untuk kebutuhannya. Solusi pengadaan CCTV ini ada di samsungcctvindonesia.com

 

Begini Cara Membedakan CCTV Yang Sedang Aktif Atau Off – Samsung CCTV Indonesia

Begini Cara Membedakan CCTV Yang Sedang Aktif Atau Off - Samsung CCTV Indonesia

Cara Membedakan CCTV Yang Sedang Aktif Atau Off

Begini Cara Membedakan CCTV Yang Sedang Aktif Atau Off – Sebelum Kamu bisa membedakan mana kamera CCTV yang aktif atau off, disini akan dijelaskan sedikit penjelasan mengenai kamera CCTV.  Closed Circuit Television atau yang lebih dikenal CCTV yaitu kamera pengintai yang bisa merekam gambar maupun suara. Hasil gambar dan suara tersebut muncul dalam sebuah monitor  dan tersimpan di DVR. Banyak masyarakat memasang CCTV karena untuk menjamin keamanan di rumahnya, kantornya, tokonya dan tempat yang diperlukan untuk diawasi.

Cara kerja dari kamera CCTV ini tidak terlalu berbeda dengan cara kerja kamera video. Fungsinya yaitu merekam kejadian suatu tempat dengan menggunakan kamera video ataupun kamera CCTV. Yang membedakannya adalah, kemampuan dari kamera CCTV yang digunakan sebagai kamera pengamanan yang biasa dipasang di dinding, flafon ataupun tempat yang sekiranya ingin dipasang CCTV. Manfaat dari CCTV yaitu mampu merekam semua aktivitas secara otomatis dan terus menerus dalam waktu yang lama.

Karena kamera CCTV bekerja secara otomatis dalam waktu yang lama, orang yang memasang CCTV kadang tidak memperhatikan apakah kamera CCTV tersebut dalam kondisi masih aktif atau sudah off. Padahal cara mengontrolnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Caranya mendeteksi CCTV aktif yaitu lihatlah lampu yang berwarna merah yang berkedip pada kamera. Adanya pergerakan dari kamera juga bisa menjadi cirri bahwa kamera CCTV sedang aktif. Ada juga CCTV yang bisa menangkap pergerakan manusia dengan sensor infrared yang nantinya akan direspon dengan rotasi CCTV menuju objek yang memandakan kondisi aktif.

Begini Cara Membedakan CCTV Yang Sedang Aktif Atau Off Lewat Internet dan Android

Ketika seseorang yang memasang CCTV dirumah sedang tidak ada ditempat, tetap mengontrol CCTV adalah hal yang wajib dilakukan. Adanya kekhawatiran kamera yang lupa diaktifkan dapat diatasi dengan mengontrolnya dari jarak yang jauh. Cara Membedakan CCTV Yang Sedang Aktif Atau Off bisa dilakukan dengan bantuan dari jaringan internet pada modem ataupun wifi. Jaringan internet tersebut bisa Kamu hubungkan ke laptop ataupun ke computer. Dengan adanya bantuan dari software Video Viewer bawaan dari DVR yang sudah diinstal pada computer, maka tampilan DVRnya dapat dilihat.

Selain dari jaringan internet dengan computer/laptop, kini dengan smartphone android juga dapat digunakan sebagai Cara Membedakan CCTV Yang Sedang Aktif Atau Off. Kamu perlu mengunduh aplikasi yang dapat menunjang control CCTV itu. Aplikasi tersebut adalah Viewtron CCTV DVR Viewer App. Aplikasi ini dapat mengetahui bahwa CCTV sedang aktif atau off, ada juga fitur yang menguntungkan seperti mode portrait, landscape dan ada juga zoom resolusi sampai 1080p.

Selain aplikasi tadi, ada juga aplikasi Meve. Aplikasi meve ini sangat membantu memudahkan Kamu mengontrol dan mengakses IP kamera yang terhubung pada androis. Kinerjanya juga sangat baik dan cepat. Kelebihan dari meve juga dari tampilannya yang simple dan mudah cara megoprasinya. Aplikasi meve cocok dipakai pada semua versi sari OS android yang didukung oleh DVR. Ada juga streaming video secara langsung dan pengambilan foto control kamera melalui PTZ.

Selain dari 2 aplikasi yang dibahas tadi, masih ada banyak aplikasi lain yang dapat membantu kamu untuk Membedakan CCTV Yang Sedang Aktif Atau Off. Diantaranya yaitu IP Cam Viewer Basic, IP Webcam, TinyCam Monitor Free serta IP CAM Controller. Kamu bisa memilih aplikasi yang paling sesuai dengan DVR yang Kamu miliki. Dengan bantuan dari aplikasi android dan software pada computer maka Cara Membedakan CCTV Yang Sedang Aktif Atau Off bisa dilakukan dari jarak yang jauh dengan sangat mudah.

Sumber : http://blog.hanwhatechwincctv.com/

 

6 Titik Lokasi Terbaik Untuk Memasang CCTV di Rumah – Samsung CCTV Indonesia

6 Titik Lokasi Terbaik Untuk Memasang CCTV di Rumah - Samsung CCTV Indonesia

6 Titik Lokasi Terbaik Untuk Memasang CCTV

6 Titik Lokasi Terbaik Untuk Memasang CCTV di Rumah – Dengan melengkapi rumah menggunakan CCTV memang bisa mengurangi rasa ketakutan dari munculnya kejadian tindakan yang tidak diinginkan. Mungkin Kamu sudah membeli beberapa CCTV untuk mengamankan rumah, tetapi masih bigung dalam tata letaknya?

Berikut ini 6 Titik Lokasi Terbaik Untuk Memasang CCTV di Rumah Kamu :

  1. Pintu Depan

34% seseorang yang ingin mencuri rumah masuk melalui pintu depan. Kamu bisa memasang di lantai dua atau di langit-langit rumah yang kira-kira memantau langsung pintu depan. Jika rumah Kamu hanya mempunyai satu lantai, sestailah pelindung tambahan untuk melindungi CCTV tersebut dari pukulan tongkat, senjata, lemparan batu atau tindakan yang lainnya yang bisa membuat CCTV menjadi rusak.

  1. Pintu Belakang

Ada sekitar 22% pencuri juga mengincar masuk melalui pintu belakang. Intinya Kamu harus memasang Kamera pada posisi orang yang sering keluar-masuk. Usahakan Kamu memasang CCTV yang jauh dari jangkauan tangan atau benda lainnya. Untuk kamera CCTV outdoor, pilihlah yang tipe weatherproof yang dilengkapi infrared dan night vision.

  1. Jendela Yang Tidak Terlihat Dari Jalan

Biasanya si pencuri juga bisa masuk ke dalam rumah melalui jendela samping, depan ataupun belakang. Dengan memasang CCTV di sekitar jendela yang tidak terlihat langsung dari jalan luar itu akan mempersempit kemungkinan mereka terlihat orang dan adanya banyak waktu untuk menjalankan aksi jahatnya. Kamu bisa memasangnya disitu.

  1. Halaman Belakang atau Gerbang Belakang

Lengkapilah halaman belakang rumah Kamu dengan adanya lampu sorot yang mempunyai sesndor gerak dan kamera CCTV night vision. Jika rumah Kamu dipagar, pastikan saja kalau gambar yang diambil itu mengarah langsung ke gerbang.

  1. Basement dan Tangga

Mungkin ada saja rumah yang mempunyai banyak ruang bawah tanah yang bisa melewati akses pintu maupun jendela yang cukup untuk merangkak. Memasang di tangga adalah cara yang tepat dan mengarah ke bawah tanah.

  1. Garasi

Penempatan di garasi harus bisa mengcover jalan masuk dan memantau keseluruhan ruangan itu sendiri.

Itulah 6 Titik Lokasi Terbaik Untuk Memasang CCTV di Rumah, bisa dijadikan pertimbangan untuk Kamu. Kamu juga harus mementukan apakah pencuri dapat melihat itu atau tidak. Kamera yang jelas terpampang dalam memasangnya bisa dijadikan pencegah, tetapi bisa saja dirusak oleh pencuri yang nakal. Atau kalau Kamu ingin si pencuri tidak mengetahui ada CCTV maka Kamu bisa memasang kamera CCTV Kamuflase yang seperti detector asap, jam atau benda lainnya.

Jika Kamu mempunyai budget yang cukup, Kamu juga bisa menggunakan metode hybrid. Inilah cara yang dapat dilakukan dengan pasang kamera yang terlihat  jelas tetapi jauh dari jangkauan. Atau dengan kamera kamuflase yang terlihat seperti benda asli, padahal itu kamera CCTV.

Sumber : http://blog.hanwhatechwincctv.com/

Cara Cepat Menginstalasi Kamera CCTV Dengan Tepat – Samsung CCTV Indoe

Cara Instalasi Kamera CCTV

Cara Instalasi Kamera CCTV – Cara menginstalasi kamera CCTV dapat Kamu lakukan sendiri dirumah. Untuk cara menginstalan kamera CCTV memang tidak terlalu sulit. Kamu tidak perlu lagi memanggil teknisi untuk melakukan penginstalannya. Banyak juga orang yang menginstalnya sendiri karena memang mudah jika benar-benar sudah mengerti.

Cara Tepat Menginstalasi Kamera CCTV :

Tentukanlah kabel yang sesuai

Pertama Untuk masalah kabel, sebaiknya Kamu menggunakan kabel RG59 yang terdiri dari kabel power dan kabel video. Kabel RG59 ini adalah kabel standard yang biasa digunakan untuk menginstalasi kamera CCTV.

Tentukan tempat untuk pemasangan CCTV

Cara yang kedua untuk lokasinya, Kamu dapat menentukan sesuai dengan jarak pandang yang mau di monitoring. Apakah mau dengan jarak dekat atau dengan jarak jauh. Dan tentukan juga apakah ditempatkan dalam keadaan gelap atau keadaan terang. Nah setelah itu baru Kamu dapat menentukan titik mana yang akan dipasang kamera CCTV.

Prioritaskan penempatan dibawah atap atau tempat yang terlindungi

Khusus untuk cara pemasangan CCTV yang dirumah, Kamu pasang posisi kamera di bawah atap saja. Karena posisi itu dapat melindungi kamera dari hujan, angin dan lainnya. Kemudian, dengan penempatan dibawah atap biasanya memberi gambar yang lebih baik dan merasa mudah untuk menarik kabel.

Tentukan titik penarikan kabel dari luar ke dalam

Setelah menentukan titik pemasangannya, langkah selanjutnya menentukan titik masuknya kabel RG59 dari luar kearah dalam.

Penempatan monitor dan DVR

Alat monitor dan DVR adalah alat yang membantu untuk melengkapi system CCTV. Jika bisanya kamera CCTV itu ditempatkan diluar, maka monitor dan DVR di gunakan untuk membantu memantau dari ruangan dalam rumah. Kamu harus menentukan dimana letak monitor dan DVR nya.

Mulailah penarikan kabel

Setelah semuanya selesai, terakhir yang harus Kamu lakukan yaitu menarik kabel RG59 untuk menghubungkan kamera CCTV ke monitor dan DVR.

Cukup mudah bukan? Biasanya sih yang menghabiskan waktu yang cukup lama itu pada saat penarikan kabel. Sekian Cara Cepat Menginstalasi Kamera CCTV Dengan Tepat dari Saya. Semoga membantu.

Sumber : http://blog.hanwhatechwincctv.com/

CCTV Tiba-tiba Mati Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya || Samsung CCTV Indonesia

CCTV Tiba-tiba Mati Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya - Samsung CCTV Indonesia

CCTV Mati dan Cara Mengatasinya

CCTV Mati dan Cara Mengatasinya – Apakah Kamu mengalami kesulitan mengenai kamera CCTV tiba-tiba mati? Ada waktunya hasil gambar dari CCTV yang disalurkan ke monitor itu memang tidak muncul. Contohnya blank, tiba-tiba mati dan tidak adanya gambar apapun dalam monitor. Jangan khawatir, bisa saja CCTV yang ada dirumahmu tidak bekerja dengan baik. Jika CCTV tidak bekerja, maka kejadian sepenting apapun itu tidak terekam oleh CCTV karena CCTV tiba-tiba mati tanpa diketahui pemiliknya. Jadi bagaimana jika ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi ketika CCTV sedang bermasalah? Memang CCTV yang bermasalah tadi tidak akan bisa menjadi barang bukti lagi. Jadi Kamu harus sering memperhatikan dan memantau CCTV tersebut agar tidak terjadi kerusakan.

Inilah Penyebab CCTV Tiba-tiba Mati dan Cara Mengatasinya :

  1. Adaptor/Power Supply

Power supply merupakan sumber listrik dari kamera CCTV. Nah jika power supply mati ya otomatis CCTV juga akan mati (blank). Jadi apa yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi CCTV yang tiba-tiba mati? Kamu dapat mengecek CCTV tersebut menyala atau mati dengan menggunakan alat Avometer. Jika adaptornya mati, maka Kamu dapat menggantinya dengan yang baru.

Berikut gambar dari Avometer :

avometer

  1. Kamera CCTV Rusak atau Mati

Jika kamera mengalami kerusakan maka otomatis gambar dari DVR menuju monitor juga akan mati dan tidak ada penyimpanan dari sebuah rekaman. Bisa ada dua kemungkinan jika infra merah pada CCTV masih hidup maka kameranya yang rusak. Dan jika lampu infra merah mati, maka kamera masih bisa merekam tapi dalam keadaan siang hari saja. Semuanya itu tergantung daro spesifikasi kameranya.

Dengan begitu, cara mengatasinya yaitu Kamu dapat memperbaiki kamera tersebut atau bisa membelikan yang baru lagi. Jika masih mempunyai garansi bisa klaimkan di tempat yang Kamu membeli CCTV tersebut.

  1. DVR Rusak atau Mati

Alat DVR merupakan bagian yang paling pending dari CCTV. Jika DVR tidak berfungsi dengan baik, maka semua system dari CCTV tidak bisa berjalan dengan baik pula. Jika CVRnya yang mati, percuma saja memasang CCTV. Untuk mengatasinya yaitu dengan cara Kamu bisa memperbaiki DVR ke tempat service atau jika budget tercukupi bisa membeli DVR baru. Kamu juga harus memastikan bahwa DVR terawatt secara rutin.

  1. Port Konektor Rusak

Setelah kamu mengecek adaptor, kamera dan DVR tidak mempunyai masalah dan tetap saja monitor terlihat blank maka Kamu harus melakukan pengecekan terhadap port konektor yang ada pada DVR tersebut.

Cara mengatasinya bisa dengan cara mengecek dengan memindahkan ke port yang lain yang masih berfungsi. Jika port konektornya yang rusak, maka Kamu bisa memindahkannya ke port yang masih kosong.

  1. Kabel CCTV atau Power Putus

Jika ke empat tadi masih berjalan dengan normal, kemungkinan besar bahwa kabel CCTV tersebut ada masalah. Bisa saja kabel putus karena digigit tikus, kualitas kabel tidak bagus dan mutu kabel rendah, atau bahkan bisa jadi karena factor yang lainnya. Jika kabelnya yang terputus, cara mengatasinya yaitu Kamu harus membeli kabel baru yang berkualitas agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Kelima faktor diatas bisa menjadi penyebab dari kamera CCTV tiba-tiba mati. Kamu harus melihat dengan teliti apa yang menyebabkan kamera tersebut tidak berfungsi lagi.

Sumber : http://blog.hanwhatechwincctv.com/