CCTV Tiba-tiba Mati Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya || Samsung CCTV Indonesia

CCTV Tiba-tiba Mati Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya - Samsung CCTV Indonesia

CCTV Mati dan Cara Mengatasinya

CCTV Mati dan Cara Mengatasinya – Apakah Kamu mengalami kesulitan mengenai kamera CCTV tiba-tiba mati? Ada waktunya hasil gambar dari CCTV yang disalurkan ke monitor itu memang tidak muncul. Contohnya blank, tiba-tiba mati dan tidak adanya gambar apapun dalam monitor. Jangan khawatir, bisa saja CCTV yang ada dirumahmu tidak bekerja dengan baik. Jika CCTV tidak bekerja, maka kejadian sepenting apapun itu tidak terekam oleh CCTV karena CCTV tiba-tiba mati tanpa diketahui pemiliknya. Jadi bagaimana jika ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi ketika CCTV sedang bermasalah? Memang CCTV yang bermasalah tadi tidak akan bisa menjadi barang bukti lagi. Jadi Kamu harus sering memperhatikan dan memantau CCTV tersebut agar tidak terjadi kerusakan.

Inilah Penyebab CCTV Tiba-tiba Mati dan Cara Mengatasinya :

  1. Adaptor/Power Supply

Power supply merupakan sumber listrik dari kamera CCTV. Nah jika power supply mati ya otomatis CCTV juga akan mati (blank). Jadi apa yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi CCTV yang tiba-tiba mati? Kamu dapat mengecek CCTV tersebut menyala atau mati dengan menggunakan alat Avometer. Jika adaptornya mati, maka Kamu dapat menggantinya dengan yang baru.

Berikut gambar dari Avometer :

avometer

  1. Kamera CCTV Rusak atau Mati

Jika kamera mengalami kerusakan maka otomatis gambar dari DVR menuju monitor juga akan mati dan tidak ada penyimpanan dari sebuah rekaman. Bisa ada dua kemungkinan jika infra merah pada CCTV masih hidup maka kameranya yang rusak. Dan jika lampu infra merah mati, maka kamera masih bisa merekam tapi dalam keadaan siang hari saja. Semuanya itu tergantung daro spesifikasi kameranya.

Dengan begitu, cara mengatasinya yaitu Kamu dapat memperbaiki kamera tersebut atau bisa membelikan yang baru lagi. Jika masih mempunyai garansi bisa klaimkan di tempat yang Kamu membeli CCTV tersebut.

  1. DVR Rusak atau Mati

Alat DVR merupakan bagian yang paling pending dari CCTV. Jika DVR tidak berfungsi dengan baik, maka semua system dari CCTV tidak bisa berjalan dengan baik pula. Jika CVRnya yang mati, percuma saja memasang CCTV. Untuk mengatasinya yaitu dengan cara Kamu bisa memperbaiki DVR ke tempat service atau jika budget tercukupi bisa membeli DVR baru. Kamu juga harus memastikan bahwa DVR terawatt secara rutin.

  1. Port Konektor Rusak

Setelah kamu mengecek adaptor, kamera dan DVR tidak mempunyai masalah dan tetap saja monitor terlihat blank maka Kamu harus melakukan pengecekan terhadap port konektor yang ada pada DVR tersebut.

Cara mengatasinya bisa dengan cara mengecek dengan memindahkan ke port yang lain yang masih berfungsi. Jika port konektornya yang rusak, maka Kamu bisa memindahkannya ke port yang masih kosong.

  1. Kabel CCTV atau Power Putus

Jika ke empat tadi masih berjalan dengan normal, kemungkinan besar bahwa kabel CCTV tersebut ada masalah. Bisa saja kabel putus karena digigit tikus, kualitas kabel tidak bagus dan mutu kabel rendah, atau bahkan bisa jadi karena factor yang lainnya. Jika kabelnya yang terputus, cara mengatasinya yaitu Kamu harus membeli kabel baru yang berkualitas agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Kelima faktor diatas bisa menjadi penyebab dari kamera CCTV tiba-tiba mati. Kamu harus melihat dengan teliti apa yang menyebabkan kamera tersebut tidak berfungsi lagi.

Sumber : http://blog.hanwhatechwincctv.com/

by superadmin